Industri multifinance adalah sektor jasa keuangan yang mengelola berbagai macam kebutuhan finansial, mulai dari pembiayaan, investasi, peminjaman, serta pengelolaan aset bagi perusahaan atau perseorangan. Dalam operasionalnya, kini industri multifinance telah beralih perlahan ke arah digital yang lebih digital. Tujuannya tak lain adalah untuk mempermudah layanan mereka kepada para pelanggan.
Salah satu digitalisasi yang gencar dilakukan sektor ini adalah dengan menerapkan Customer Relationship Management atau CRM, yang membantu konsultan keuangan mereka dalam hal pengecekan terhadap data customer yang jumlahnya masih sehingga dapat mempercepat proses survei & mempermudah perusahaan untuk menerapkan tarif berdasarkan informasi yang di dapatkan secara realtime. Selain itu, keberadaan CRM dalam multifinance juga mampu menciptakan pendekatan komunikasi dengan pelanggan seperti menghadirkan penawaran dan berbagai fasilitas pembiayaan lain yang berguna.
Kali ini, Helios akan membahas tren customer service dalam multifinance, seberapa besar peran CRM dalam mengoptimalkan operasional multifinance, serta bagaimana solusi Kouventa dari Helios dapat memperkaya solusi CRM yang digunakan saat ini. Selain meningkatkan komunikasi dan hubungan ke pelanggan secara efektif, Kouventa juga dapat diintegrasikan dengan CRM perusahaan guna memberikan notifikasi bisnis secara otomatis seperti halnya notifikasi pembayaran, tagihan, dll. untuk lebih lengkapnya pelajari artikel berikut.
Apa Saja Tren dan & Prioritas dalam Customer Service?
Customer relationship management CRM
Pada 2022, Gartner mengadakan survei ke sejumlah perusahaan yang memiliki customer service untuk mengetahui gambaran terkait tren dan prioritas yang harus ditingkatkan dari customer service. Terdapat dua prioritas utama yang perlu diperhatikan.
Hasil survei pertama, sebanyak 74 persen responden mengungkapkan jika peningkatan konten dan pengetahuan yang disampaikan kepada pelanggan tergolong “penting” dan “sangat penting”. Namun, tantangan terbesar yang dihadapi adalah untuk menjaga informasi bisa tersampaikan dengan baik dan pelanggan dapat memahami petunjuk yang disampaikan.
Adapun hasil survei kedua, 74 persen responden menyatakan bahwa menciptakan pendampingan untuk perjalanan pelanggan yang mulus tergolong “penting” dan “sangat penting”. Gartner menyarankan, untuk mengakomodir kebutuhan ini, bisnis perlu memfokuskan budget mereka untuk pengembangan teknologi customer experience guna meningkatkan kepuasan pelanggan.
Selain itu, menurut informasi yang dilansir Bisnis, pada tahun ini industri multifinance juga menunjukkan tren positif dengan memperbaiki kinerja mereka yang lebih stabil. Dengan pertumbuhan tersebut, mereka pun memilih berinvestasi pada teknologi customer service untuk meningkatkan pelayanan pelanggan yang lebih baik lagi.
Pentingnya Digital Customer Experience Solution untuk Perkembangan Industri Multifinance
Dengan perkembangan informasi di era digital ini, kebutuhan pelanggan otomatis semakin bertambah dan jelas akan kian menuntut layanan yang digunakan, khususnya layanan multifinance. Dampaknya, mereka pasti akan mengharapkan kualitas layanan yang lebih baik, maupun interaksi yang nyaman dan aman dalam membuat keputusan sebelum menggunakan layanan multifinance.
Karenanya, penting bagi bisnis di industri multifinance untuk menerapkan solusi Digital Customer Experience Solution dalam menciptakan pengalaman komunikasi pelanggan yang baik, serta membangun kepercayaan, citra positif serta transparansi terhadap pelanggan. Kehadiran Digital Customer Experience Solution juga dapat membuat komunikasi terhadap pelanggan lebih dekat, relevan, dan terpersonalisasi.
Tak kalah penting, tingkat keamanan dan transparansi menjadi dua faktor utama yang diusung Digital Customer Experience Solution dalam membangun customer experience yang ideal di lingkungan multifinance, mengingat pelanggan pasti akan sangat concern dengan isu keamanan di tengah fenomena ancaman peretasan dan pencurian data.
Apa Manfaat Digital Customer Experience Solution Bagi Perusahaan Multifinance?
CRM multifinance
Berikut adalah sejumlah keuntungan bagi bisnis multifinance dalam penerapan Digital Customer Experience Solution. Berikut beberapa di antaranya.
Pengalaman Seamless
Digital Customer Experience Solution menghadirkan pengalaman pelanggan yang seamless, di mana memudahkan alur pesan yang masuk dari pelanggan secara otomatis.
Praktis dan Hemat Waktu
Untuk bisa menciptakan customer experience yang optimal, bisnis multifinance pasti membutuhkan solusi Digital Customer Experience Solution yang praktis dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. Dalam hal melakukan broadcast message ke seluruh pelanggan diwaktu yang bersamaan. Cara tersebut tentu dapat menghemat waktu karena tak perlu lagi berkirim pesan satu-satu ke masing-masing database pelanggan.
Automate Business
Pesan notifikasi, saat ini menjadi tolak ukur baru bagi customer untuk mengetahui status transaksi mereka, sehingga penerapan automate business notification ini menjadi penting untuk dapat diintegrasikan dengan setiap proses yang terjadi di CRM perusahaan.
Kemampuan Terintegrasi
Keunggulan lainnya adalah kemampuannya yang saling terintegrasi dengan sistem lain, sehingga dapat mempercepat proses operasional.
Kouventa adalah solusi Digital Customer Experience dari Helios dan Keunggulannya
Bisnis di sektor multifinance dapat mengoptimalkan customer experience mereka dengan solusi digital customer experience dari Kouventa. Hadir dalam bentuk pengelolaan WhatsApp Business, Kouventa dapat membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara profesional dan efektif. Kouventa hadir dengan empat keunggulan, berikut di antaranya.
1. Assign & Agent Routing
Setiap chat yang masuk dari pelanggan akan bisa di-assign secara otomatis ke agent yang sedang tersedia. Tak cuma itu, fitur ini juga mampu mengalokasikan ke divisi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar pesan dan permintaan mereka dapat ditangani tanpa adanya delay.
2. Broadcast Message
Fitur ini memungkinkan bisnis multifinance mengirimkan pesan secara serentak ke seluruh pelanggan mereka. Pesan yang dikirim bisa berupa promosi, campaign, notifikasi event, atau juga pesan lainnya. Selain itu, bisnis juga dapat mengetahui hasil broadcast message seperti jumlah nomor telepon pelanggan yang salah atau jumlah pelanggan yang merespons. Menariknya lagi, bisnis juga dapat mengirimkan pesan seperti pesan reminder event jauh sebelum tanggal event tersebut diadakan.
3. Data Reporting
Bisnis multifinance dapat meng-generate laporan yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan mereka, seperti laporan data finansial penggunaan WhatsApp Business, data performance agent, data total pesan yang diterima dan dikirim, serta kebutuhan data lain sesuai kebutuhan perusahaan.
4. Terintegrasi dan Lebih Aman
Kouventa juga membantu bisnis melakukan integrasi aplikasi tertentu ke akun WhatsApp Business perusahaan. Dengan demikian, aplikasi tertentu ini bisa terhubung ke WhatsApp dan memangkas proses bisnis menjadi lebih cepat dan efektif. Tak cuma itu, bisnis juga dapat mengintegrasikan akun WhatsApp Business dengan database perusahaan tanpa harus khawatir dengan kebocoran data, karena semuanya dilakukan secara on-premise.
Bisnis anda bergerak di sektor multifinance dan ingin mencapai solusi Digital Customer Experience yang tepat? Kouventa jadi jawabannya! Segera ciptakan customer experience yang terbaik dengan Kouventa, dan dapatkan rangkaian solusinya dari Helios Informatika Nusantara.
Baca Juga: Pentingnya Customer Engagement Solution Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis Anda
Helios Sebagai IT Solutions Provider untuk Industri Multifinance di Indonesia
Bisnis Anda bergerak di sektor multifinance dan ingin mencari solusi CRM yang tepat? Kouventa jadi jawabannya! Segera ciptakan customer experience terbaik dengan Kouventa, dan dapatkan rangkaian solusinya dari Helios Informatika Nusantara.
Sebagai IT solution provider, Helios akan membantu Anda mengimplementasi solusi Kouventa, mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingga dukungan after-sales untuk memudahkan bisnis Anda. Dengan didukung tim IT berpengalaman dan bersertifikasi, Helios juga akan memastikan bisnis Anda terhindar dari trial and error saat menerapkan solusi Kouventa.
Tertarik dengan solusi Kouventa dari Helios? Jangan ragu untuk hubungi kami di [email protected] untuk informasi lebih lanjut.
Penulis: Jeko Iqbal Reza
Content Writer CTI Group