HMS: Solusi Mobilitas untuk Industri Retail

HMS: Solusi Mobilitas untuk Industri Retail

Munculnya e-commerce ke pasar saat ini, telah menciptakan standar pengalaman kerja yang baru dan mengubah cara industri retail dalam melakukan bisnis. Pada dasarnya bisnis retail adalah bisnis yang melibatkan penjualan produk atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan atau biasa disebut dengan eceran. Konsumen yang membeli produk atau jasa eceran ini bertujuan untuk dikonsumsi secara pribadi dan tidak untuk dijual kembali. 


Sumber: Freepik.com


Saat ini, toko retail mulai melengkapi karyawannya dengan perangkat seluler untuk mempercepat proses penjualan di e-commerce, meningkatkan pengalaman customer pada toko retail tersebut, dan memungkinkan karyawan untuk memiliki wawasan yang lebih luas. 


Perkembangan pasar e-commerce yang sangat pesat saat ini, banyak perusahaan yang masih belum mengadopsi solusi mobilitas. Dengan solusi mobilitas ini, berarti perusahaan harus mulai memikirkan bagaimana cara melindungi data customers-nya dan mengurangi risiko penyalahgunaan perangkat seluler oleh karyawan. 


Salah satu solusi mobilitas terbaik untuk bisnis retail saat ini adalah HMS (Helios Mobility Suite). HMS akan memfasilitasi industri retail dengan memberikan berbagai solusi seluler untuk mengatasi segala masalah keamanan seluler dan mengubah pengalaman customer

Apa itu Solusi Mobilitas untuk Industri Retail?

Mobilitas adalah serangkaian proses, layanan, dan teknologi yang ditujukan untuk pengelolaan perangkat seluler, jaringan nirkabel, dan layanan data lainnya secara aman dalam konteks bisnis. Tujuan dari mobilitas sendiri adalah untuk menentukan apakah dan bagaimana perangkat seluler yang tersedia harus diintegrasikan dengan proses dan tujuan kerja, serta bagaimana mendukung karyawan saat mereka menggunakan perangkat seluler yang sudah diberikan oleh perusahaan di tempat kerja.


Dalam mendukung solusi mobilitas untuk industri retail, perusahaan akan memberikan perangkat seluler untuk karyawannya. Untuk mendukung berbagai jenis perangkat seluler, masih terdapat risiko keamanan yang tidak dapat dihindari juga biaya tambahan untuk industri retail tersebut. Misalnya, perangkat seluler yang diberikan perusahaan kepada karyawan, bisa saja hilang atau dicuri karena kelalaian karyawan tersebut dan yang paling bahaya adalah data pada perangkat tersebut pasti juga akan ikut hilang. 


Solusi mobilitas ini merupakan seperangkat sistem yang dapat mencegah akses tidak sah ke aplikasi perusahaan atau data perusahaan pada perangkat seluler yang hilang akibat kelalaian karyawan tersebut. Seperangkat sistem dalam solusi mobilitas tersebut mencakup perlindungan password, enkripsi dan teknologi penghapusan jarak jauh yang memungkinkan admin dapat menghapus semua data dari perangkat yang hilang atau dicuri. Seperangkat sistem dalam solusi mobilitas ini, membuat kebijakan keamanan dapat dikelola dan ditegakkan secara terpusat. 

Manfaat Solusi HMS untuk Industri Retail

Solusi mobilitas untuk industri retail ini, memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Memberikan asisten toko digital di industri retail

Digital Store Assistant adalah salah satu self-service terminal yang sangat banyak digunakan pada industri retail yang menyediakan store directory, informasi produk, dan penempatan. Digital Store Assistant menawarkan resolusi yang lebih tinggi dan ramah user untuk fungsi pencarian sehingga dapat meningkatkan pengalaman dan keamanan user yang lebih baik.

  1. Pelatihan menggunakan perangkat seluler untuk karyawan

Pelatihan kerja telah menjadi bagian penting dalam meningkatkan keterampilan kinerja penjualan. Dalam pelatihan karyawan, biasanya biaya yang dikeluarkan perusahaan sangatlah mahal dan banyak memakan waktu untuk mengumpulkan mereka untuk mengadakan pelatihan secara teratur.


Selain pelatihan kerja tersebut, terdapat cara yang lebih efektif dan menyenangkan yaitu dengan solusi HMS yang menawarkan ide yang lebih baik. Dengan HMS, perusahaan menjadi lebih mudah untuk memasukkan video tutorial atau infografis ke perangkat seluler karyawannya. Kemudian karyawan juga bisa menyimpan informasi apa saja yang ada di perangkat mereka. Hal tersebut memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk bisa belajar kapan saja dan di mana saja. 

  1. Menjaga karyawan untuk terus up-to-date

Praktek umum industri retail adalah memperoleh produk baru, mengubah strategi harga dan membuat promosi yang menarik. Namun, untuk melakukan praktek tersebut, tentu ada tantangannya. Tantangan itu adalah bagaimana cara karyawan untuk terus up-to-date terhadap informasi produk baru, daftar harga yang baru, dan promosi yang sedang berlangsung di banyak industri retail lainnya. 


HMS memberikan solusi mobilitas untuk membantu divisi sales and marketing untuk mendistribusikan digital sales kit atau buklet promo secara otomatis ke perangkat seluler yang diberikan perusahaan di industri retail lainnya. Selain itu, HMS juga dapat melindungi berbagai dokumen dan screen capture dari perangkat seluler perusahaan ke perangkat pribadi atau ke media lain.


Singkatnya, HMS adalah solusi mobilitas terbaik yang bisa membantu meraih kesuksesan industri retail. Dari mulai menjaga keamanan perangkat seluler dan data perusahaan, meningkatkan kepuasan konsumen dan pada akhirnya akan meningkatkan penjualan.


Dalam hal ini, Helios hadir dengan menawarkan solusi HMS yang dapat membantu perusahaan Anda untuk terus berinovasi dalam berbagai bisnis melalui solusi perangkat seluler. Untuk informasi selebihnya mengenai HMS, silahkan kunjungi kami di website kami atau hubungi kami melalui info@helios.id