Mengenal Virtual Desktop Infrastructure (VDI) dalam Memastikan Kelancaran Operasional Bisnis

Mengenal Virtual Desktop Infrastructure (VDI) dalam Memastikan Kelancaran Operasional Bisnis

Perusahaan yang menerapkan sistem kerja jarak jauh mungkin memberi banyak tantangan baru bagi timnya. Mengapa demikian? Karena banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam penerapan kerja jarak jauh, diantaranya adalah menentukan strategi yang tepat supaya seluruh karyawan dapat bekerja secara produktif walaupun dengan minimnya fasilitas dan supervisi, selagi tetap bisa memastikan karyawan mendapatkan aksesibilitas penuh terhadap perangkat, alat, atau aplikasi yang mereka butuhkan. 

Sumber: Photo by Christina Morillo from Pexels


Dalam mengatasi tantangan yang muncul akibat situasi tersebut, maka Helios dapat membantu perusahaan untuk menghadirkan solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk memastikan kelancaran operasional bisnis di segala situasi. Solusi tersebut adalah Nutanix Virtual Desktop Infrastructure (VDI). 

Apa Itu Virtual Desktop Infrastructure?

Virtual Desktop Infrastructure (VDI) yang juga dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Infrastruktur Virtual Desktop adalah salah satu perkembangan teknologi komputasi yang membawa sebuah konsep pemisahan desktop pribadi dari CPU dengan menggunakan Client - Server. Pengertian VDI lainnya yaitu teknologi yang memanfaatkan penggunaan virtual machine untuk menyediakan dan mengelola desktop pengguna secara virtual


Dalam penerapannya, sistem VDI dioperasikan dalam virtual machine pada data center dan prosesnya disebut sebagai komputasi berbasis server. Dengan model VDI ini, dapat memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan virtualisasi desktop yang meliputi virtualisasi perangkat keras dan perangkat lunak.


Pada Teknologi VDI, hypervisor akan mengelompokkan beberapa server menjadi virtual machine yang nantinya dapat digunakan pengguna untuk mengakses desktopnya secara virtual dari perangkat apa pun, baik perangkat PC, laptop, tablet, smartphone, dan tidak terbatas di satu lokasi tertentu. Seluruh pemrosesannya dilakukan pada host server, pengguna akan terhubung ke desktop virtual mereka melalui connection broker - gateway berbasis software yang berperan sebagai perantara antara pengguna dan server.

Manfaat Virtual Desktop Infrastructure (VDI)

Virtual Desktop Infrastructure atau VDI menawarkan beberapa manfaat dibandingkan dengan model tradisional, dimana yang dimaksudkan adalah komputer beroperasi secara mandiri dengan sistem operasi sendiri dan berprogram aplikasi. Virtualisasi ini berpotensi dapat meningkatkan integritas data informasi penggunanya karena semua data akan tersimpan, terjaga, dan terkelola secara baik dan terpusat di data center. Beberapa manfaat dari Virtual Desktop Infrastructure adalah sebagai berikut:

  1. Akses Jarak Jauh

Pengguna VDI dapat terhubung ke desktop virtual mereka dari lokasi atau perangkat apa pun, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses semua file dan aplikasi mereka juga dapat bekerja dari mana saja.

  1. Hemat Biaya

Penggunaan VDI ini bisa menghemat biaya karena pemrosesan dilakukan pada server, user dapat mengakses desktop virtual dari perangkat yang lama tanpa harus membeli hardware baru dan mahal.

  1. Keamanan yang Terjaga

Dengan menggunakan VDI, berarti data berada di dalam server bukan di perangkat pribadi user. Hal ini berfungsi untuk melindungi data dari kejadian yang tidak diinginkan seperti laptop pengguna dicuri atau komputer yang dipakai bermasalah.

  1. Manajemen Terpusat

Format terpusat VDI ini memudahkan IT untuk meng-update atau mengonfigurasi desktop virtual dalam suatu sistem. 

Fitur Virtual Desktop Infrastructure (VDI)

Virtual Desktop Infrastructure (VDI) memiliki beberapa fitur, diantaranya sebagai berikut:

  1. VDI and Published Apps

Dengan fitur ini, karyawan bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses aplikasi yang dibutuhkan dalam satu perangkat. Penggunaan VDI ini dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kinerja karyawan atau end user. Karena mereka hanya perlu menggunakan satu perangkat untuk mengoperasikan seluruh aplikasi bisnis yang dibutuhkan.

  1. Device-Aware Access Management

Fitur ini bisa memastikan bahwa hanya pengguna dan perangkat yang tepat dan memiliki akses ke aplikasi bisnis. Selanjutnya fitur ini juga mampu melacak status perangkat, informasi detail tentang pengguna, dan menentukan proses autentikasi yang tepat gunanya untuk mengatur perizinan akses.

  1. Intelligent Insights and Automation

Dengan fitur ini, perusahaan akan mendapatkan informasi yang terintegrasi mengenai seluruh lingkungan ruang kerja digital - menggabungkan dan menghubungkan perangkat, aplikasi dan data user untuk menangkap prediksi peluang bisnis baru, perusahaan juga dapat menghemat biaya IT, meningkatkan keamanan data, dan mengoptimalkan karyawan dan customer experience.

  1. Advanced End-to-End Monitoring

VDI ini memberikan solusi yang dilengkapi dengan fitur real-time monitoring untuk memantau kinerja seluruh metrik aplikasi di ekosistem yang kompleks. Fitur ini juga membuat tim IT perusahaan akan mendapatkan informasi secara lengkap jika munculnya suatu masalah pada desktop, sehingga proses troubleshoot dapat segera dilakukan guna memberikan user experience yang berkualitas.


Demikianlah informasi mengenai solusi Virtual Desktop Infrastructure (VDI) yang dapat membantu perusahaan menyempurnakan perjalanan transformasi digitalnya di masa yang penuh dengan ketidakpastian ini. 


Dalam hal ini, Helios hadir dengan menawarkan Nutanix VDI untuk solusi kelancaran operasional bisnis Anda serta memenuhi kebutuhan Anda dalam meningkatkan produktivitas kerja dengan VDI. Untuk informasi selebihnya mengenai Helios silahkan kunjungi kami di: website kami atau hubungi kami melalui info@helios.id