Pentingnya Transformasi Digital bagi Perusahaan

Pentingnya Transformasi Digital bagi Perusahaan

Perkembangan teknologi memaksa para perusahaan untuk terus beradaptasi, salah satunya melalui transformasi digital. Transformasi digital adalah bagian proses dari transformasi bisnis. Transformasi digital mampu meningkatkan kinerja perusahaan maupun individu dengan mengubah cara bisnis yang dilakukan baik menjalankan bisnis skala menengah hingga besar. Efisiensi kerja menjadi harga mahal untuk mengoptimalkan pendapatan. 


Sumber : Freepik.com


Transformasi digital telah membawa berbagai dampak positif untuk berbagai aspek kehidupan. Melalui transformasi digital, perusahaan mendapatkan cara pandang baru dalam mengelola perusahaan, mengoptimalkan operasional perusahaan, dan mengubah model bisnis lebih efisien. Jadi transformasi digital adalah transformasi bisnis di era modern.


Melihat digitalisasi yang telah terjadi di segala aspek, sudah saatnya perusahaan mengikuti proses transformasi digital. Di Indonesia sendiri, banyak perusahaan yang sudah mengikuti proses transformasi digital. Ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, masyarakat banyak beralih memanfaatkan perangkat telekomunikasi untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa terhambat oleh jarak. 


Untuk mengetahui lebih jelas tentang betapa pentingnya transformasi digital pada bisnis, simak penjelasannya di bawah ini.

Alasan Pentingnya Transformasi Digital Pada Perusahaan

Berikut ini beberapa alasan mengapa transformasi digital sangat penting untuk keberlangsungan bisnis:

  1. Mampu Beradaptasi Dengan Perubahan Perilaku Konsumen

Kemajuan teknologi serta transformasi digital saat ini telah membawa perubahan pada perilaku konsumen. Perubahan yang paling mendasar adalah minat konsumen untuk berbelanja secara langsung dengan mendatangi toko telah berkurang. Saat ini sebagian besar konsumen lebih cenderung melakukan transaksi online karena lebih praktis dan efisien. Hanya dengan smartphone yang terhubung dengan koneksi internet, konsumen dapat membeli berbagai kebutuhan mereka. Tidak perlu mengkhawatirkan jalanan yang macet, cuaca buruk atau menunggu lama saat antri.


Agar bisnis tetap berjalan dengan lancar, pebisnis tentu harus melakukan transformasi digital untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Misalnya dengan membuat toko online dan mengoptimalkan pemasaran produk atau jasa dengan digital marketing. Saat ini sudah banyak pebisnis yang membuat website atau memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee untuk membuka toko online. 

  1. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Transformasi digital memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan tanpa batasan waktu dan tempat. Pelayanan pun juga dapat dilakukan lebih optimal, baik dalam proses transaksi pembelian, pengiriman, atau komplain atas kendala yang mungkin terjadi maupun cara mengatasinya. Sehingga dengan adanya transformasi digital maka mampu meningkatkan kepuasan bagi konsumen.

  1. Lebih Menghemat Waktu dan Biaya

Dalam mengaplikasikan teknologi digital untuk bisnis, perusahaan akan memperoleh banyak keuntungan dari sisi efisien waktu dan penghematan biaya pengeluaran. Misalnya jika Anda memiliki bisnis dengan cabang yang tersebar di beberapa kota, maka pengiriman dokumen antar cabang bukan lagi menjadi suatu masalah. Data atau dokumen dapat dengan mudah di share melalui Google Drive.


Pengaplikasian teknologi digital juga bisa memungkinkan bagi bisnis kecil dapat menjangkau target pasar yang luas. Apabila sebelumnya pemasaran hanya dilakukan dengan membayar iklan di televisi atau media cetak, kini pemasaran dapat dilakukan secara online. Misalnya dengan membuat website, bisnis kecil juga memiliki kesempatan untuk memasarkan produk atau jasanya ke seluruh Indonesia. 

  1. Upaya yang Efektif dan Efisien

Setelah terjadinya transformasi digital, semua sistem akan terkomputerisasi dan terintegrasi. Pelayanan terhadap konsumen dan pemasaran dapat berjalan lebih optimal. Kemungkinan human error juga dapat diminimalisir. Hal ini merupakan upaya yang efektif dan efisien. Tidak hanya waktu dan biaya, tetapi juga tenaga.

  1. Mengurangi Risiko Kecurangan Internal

Pengembangan IT beserta segala sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi merupakan bentuk dari transformasi digital. Hal itu dapat mengurangi risiko kecurangan yang terjadi di internal perusahaan. Karena setiap ada data informasi dan laporan akan terekam dalam database serta ada sistem keamanan yang membuat akses pada data penting hanya terbatas pada orang yang punya otoritas.

  1. Meningkatkan Nilai Saing dan Profit

Tidak dapat dipungkiri dengan perkembangan teknologi saat ini, ada lebih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satunya adalah ketatnya persaingan antar bisnis. Laju bisnis di era digital ini bergerak dinamis dan sangat cepat. Agar tidak kalah dalam persaingan antar bisnis atau setidaknya bisa bertahan di pasar, sebagai pebisnis harus meningkatkan nilai saing dengan melakukan transformasi digital. Dengan demikian profit dapat meningkat. 

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Transformasi Digital Bisnis

Dalam hal ini, waktu yang tepat untuk memulai transformasi digital bisnis adalah sekarang. Berikut alasannya mengapa harus mulai sekarang:

  • Saat ini banyak teknologi dengan harga terjangkau

  • Perkembangan teknologi semakin memanjakan user dengan experience yang mudah untuk digunakan

  • Sekarang adalah era kecepatan, jika lambat maka akan terlambat!

  • Mengurangi risiko kecurangan-kecurangan bisnis


Kesuksesan transformasi digital terletak pada teknologi digital itu sendiri yaitu bagaimana mengintegrasikan Big Data, Mobility, IoT dan Cloud-Native Technologies menjadi sebuah layanan yang mengubah proses bisnis juga cara kerja. Untuk mengimplementasikan hal ini, maka memerlukan infrastruktur yang kompleks, jika dilakukan dengan model yang konvensional, maka memerlukan biaya yang sangat besar. 


Dalam hal ini, Helios menawarkan produk HPE sebagai technology provider dapat mendukung perusahaan untuk mewujudkan transformasi digital yang berupa HPE Simplivity Hyper Converged Infrastructure .

Sumber: HPE.helios.id

Kelebihan dari Hyper-Converged Infrastructure

Hyper-Converged adalah solusi infrastruktur komputasi virtual yang menggabungkan beberapa layanan data center dalam bentuk appliance, yang mendukung kecepatan dan agility dalam deploy virtualisasi, mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya. Bagi perusahaan yang ingin memulai migrasi menuju cloud, hyper-converged adalah pilihan tepat karena sifatnya yang cloud-ready dan implementasinya bisa selesai hanya dalam hitungan menit.


Untuk informasi selebihnya mengenai HPE Simplivity, silahkan kunjungi kami di website kami atau hubungi kami melalui info@helios.id