Seberapa Penting Data Perusahaan Anda

Seberapa Penting Data Perusahaan Anda

Data memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan suatu perusahaan. Data adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Perusahaan membutuhkan pengelolaan data dengan baik. Apabila perusahaan Anda belum  berhasil dalam mengelola data dengan baik, mungkin Anda belum mengerti pentingnya peran dan manfaat pengelolaan data bagi sebuah perusahaan.


Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dengan adanya pengolahan data yang tepat. Beberapa manfaat pengelolaan data bagi perusahaan yaitu, meningkatkan efisiensi operasional, membantu pengambilan keputusan, serta meningkatkan inovasi dalam suatu perusahaan. Dengan berbagai manfaat yang didapat, data merupakan aset penting bagi sebuah perusahan.


Pengolahan dan analisis data sangatlah penting untuk digunakan di berbagai perusahaan, beberapa profesi seperti data scientist, data analyst, dan data engineer pun mulai banyak diminati dan dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Data-data tersebut akan mereka analisis dan diolah serta nantinya akan dipakai untuk kepentingan perusahaan. Misalnya, untuk kepentingan marketing, untuk mengetahui data konsumen, dan lain sejenisnya.

Bersamaan dengan berbagai manfaat yang didapat dari data, Ancaman keamanan data kian marak terjadi dan diperkirakan terus meningkat setiap tahunnya. Ancaman keamanan data akan merugikan sebuah perusahaan. Bentuk ancaman keamanan data bervariasi mulai dari kebocoran data, pencurian data, peretasan data, dan ancaman lainnya. Tentu ini menjadi permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi di tengah tuntutan transformasi perusahaan di era digital yang terus berkembang saat ini.

Kebocoran data atau informasi sudah sedemikian parah dan terjadi hampir di semua negara. Beberapa aksi kebocoran data, antara lain :

  1. Browser yang digunakan oleh perusahaan kurang aman sehingga ketika mengakses website yang tidak dikenal akan menyebabkan masuknya botnet dan malware.
  2. Aplikasi yang digunakan kurang aman karena tidak diaturnya konfigurasi keamanan di aplikasi tersebut.
  3. Jaringan komputer yang kurang aman sehingga hacker dapat dengan mudah memasuki dan mengambil informasi perusahaan.
  4. Metode komunikasi antara perusahaan dan karyawan kurang aman karena menggunakan saluran yang tidak dienkripsi.
  5. Dan beberapa tipe kebocoran data lainnya.

Seperti halnya di Indonesia kebocoran data baru-baru ini sering terjadi pada tahun 2020, dimana terdapat banyak kasus kebocoran data yang menyebabkan kerugian terhadap perusahaan maupun stakeholder perusahaan tersebut. Salah satu kasus pada tahun 2020 yang sempat menggemparkan masyarakat yaitu kasus kebocoran data dari perusahaan Tokopedia dimana terjadi pada awal Mei 2020, sebanyak 91 juta data pengguna dan lebih dari tujuh juta data merchant Tokopeda dikabarkan dijual di situs gelap (dark web). Data pengguna Tokopedia yang dijual yaitu mencakup gender, lokasi, username, nama lengkap pengguna, alamat e-mail, nomor ponsel, dan password. Data tersebut sudah dikumpulkan peretas sejak Maret 2020. (sumber : infokomputer)

Beberapa kebocoran data tersebut termasuk dengan banyaknya kasus tersebut dapat mengganggu keamanan data pada perusahaan, sehingga perusahaan dapat mengalami kerugian dikarenakan pengelolaan keamanan data yang tidak tepat. Maka dari itu, penting bagi perusahaan dalam memperhatikan infrastruktur keamanan data atau informasi untuk meminimalisir kebocoran data. Infrastruktur diperlukan dalam mendesain dan mengintegrasikan semua komponen secara aman. Selain itu, perusahaan membutuhkan solusi keamanan komprehensif yang dapat memberikan visibilitas, kontrol, enforcement untuk memastikan keamanan data atau informasi bekerja secara optimal.

Dalam menghadapi tantangan dan permasalah, tersebut, tim Helios siap membantu untuk Anda. Segera hubungi kami melalui halaman kontak atau hubungi representatif Helios di info@helios.id