Zero Touch Enrollment: Solusi Deployment dan Setup Perangkat Perusahaan

Zero Touch Enrollment: Solusi Deployment dan Setup Perangkat Perusahaan

Di era pandemi saat ini, banyak perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas karyawannya dengan menyediakan device yang hanya dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan. Namun, hal itu tetap dihadapkan dengan masalah deployment, instalasi aplikasi dan juga device setup yang memerlukan waktu yang lama. 


Sumber: Freepik.com


Untuk itu perusahaan membutuhkan solusi yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah deployment, instalasi aplikasi dan juga melakukan setup pada device perusahaan. Zero-touch enrollment adalah solusi yang tepat untuk membantu meningkatkan produktivitas karyawan di suatu perusahaan.

Apa itu Zero-Touch Enrollment?

Zero-touch enrollment adalah sebuah tool yang digunakan untuk memberikan solusi Enterprise Mobility Management (EMM) yang dapat membantu melakukan setup dan deployment device milik perusahaan. Zero-touch enrollment dapat diatur secara online memungkinkan proses deployment dapat dilakukan secara massal termasuk dalam menginstal aplikasi dan penerapan konfigurasi perusahaan sehingga device bisa langsung digunakan karyawan. 


Zero-touch enrollment dapat menjamin keamanan pada device dengan enkripsi dan sistem keamanan yang berlapis. Layanan zero-touch enrollment dapat digunakan pada berbagai merk smartphone Android, sehingga memudahkan perusahaan dalam menentukan smartphone sesuai kebutuhan dan sesuai dengan budget.

Fitur Android Zero-Touch Enrollment

Android zero-touch enrollment memiliki beberapa fitur sebagai berikut:

  1. Keamanan Privasi: Dapat mengatur work profile, Google Play, dan akun Google yang terpisah dengan akun pribadi.

  2. Single Use: Memungkinkan perangkat yang digunakan hanya untuk penggunaan spesifik dengan membatasi aplikasi dan penerapan policy perusahaan.

  3. Control Factory Reset Protection: Dapat menerapkan policy untuk tidak dapat melakukan factory reset.

Keuntungan dari Android Zero-Touch Enrollment

Zero-touch enrollment memiliki berbagai keuntungan seperti:

  1. Fast, Easy and Secure

Zero-touch enrollment dapat membuat perusahaan mampu memobilisasi karyawan mereka dengan mudah.

  1. Simplify Device Provisioning

Zero-touch enrollment dapat memudahkan tim IT perusahaan untuk melakukan deploy secara massal tanpa melakukan setup device secara manual. Karyawan cukup unboxing device dan mulai menggunakan device dengan manajemen, aplikasi dan konfigurasi yang sudah siap.

  1. Enforced Management

Perusahaan dapat menggunakan penyedia EMM untuk menetapkan kebijakan dan mengelola aplikasi pada device.

Proses Setup Android Zero-Touch Enrollment

Perusahaan dapat melakukan setup Android zero-touch enrollment dengan tahapan berikut:

  1. Membeli atau menyiapkan device yang akan di enroll, kemudian informasikan ke Helios daftar devicenya.

  2. Helios mendaftarkan device yang telah di informasikan.


Dalam meningkatkan produktivitas karyawan di suatu perusahaan tentu akan banyak tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan. Apalagi di masa pandemi ini yang memiliki banyak ketidakpastian. 


Dengan hal ini Helios menawarkan HMS sebagai solusi mobilitas perusahaan untuk meningkatkan produktivitas karyawan pun di masa pandemi seperti sekarang. HMS dapat mengatasi berbagai masalah device dan manajemen security. Mulai dari mengkonfigurasi, mengelola, dan mengamankan device perusahaan. Untuk info lebih lanjut mengenai HMS, kunjungi website kami atau hubungi kami di info@helios.id 



Referensi: 

https://mobility.helios.id/ 

https://www.telkomsel.com/mybusiness/solution-enterprise-rev/zero-touch-enrollment 

https://selular.id/2019/07/beraliansi-dengan-google-telkomsel-hadirkan-android-zero-touch-enrollment/ 

https://www.android.com/intl/en_nz/enterprise/management/zero-touch/ 

https://www.suara.com/tekno/2019/07/15/190154/telkomsel-dan-google-tawarkan-android-zero-touch-untuk-pelanggan-korporasi