Pemahaman tentang customer engagement bagi perusahaan sangat penting karena memiliki pengaruh krusial terhadap potensi kesuksesan bisnis. Di dunia marketing, customer engagement kini menjadi salah satu tolak ukur kesuksesan. Inilah goal yang diharapkan dapat dicapai dalam setiap upaya pemasaran dan memaksimalkan penjualan bagi setiap pelaku bisnis.
Menurut Kouventa, perusahaan yang bergerak di bidang digital customer engagement solution, customer engagement dapat dijalankan dengan baik, apabila dimulai dengan memahami kebutuhan pasar. Selain itu, perusahaan juga dituntut untuk mampu memilih cara yang tepat saat berkomunikasi dengan pelanggan.
Berikut merupakan hal yang perlu diperhatikan perusahaan untuk menjaga customer engagement. Lengkapnya, simak di artikel berikut ini.
3 Kendala Bisnis dalam Menjaga Customer Engagement
Berikut merupakan rangkuman Kouventa, beberapa kendala yang sering dihadapi perusahaan dalam menjaga customer engagement.
Telesales dan Telemarketing
Bidang telesales maupun telemarketing banyak melakukan validasi database user melalui call atau email, dan seringkali tidak mendapatkan respons dari pelanggan Anda. Bahkan telesales juga menghubungi melalui chat personal, meskipun bagi kebanyakan ini merupakan sebuah pelanggaran terhadap privasi.
Di sisi lain perusahaan juga sering mengalami kesulitan untuk mengontrol dan memonitor produktivitas maupun cara telesales memberikan pelayanan kepada pelanggan.
Email Marketing
Kesulitan dalam melakukan tracking dan reminder terhadap target pelanggan yang telah diinvite merupakan kendala yang paling sering dialami oleh team marketing ketika mengirim pesan invitation atas sebuah event sehingga menyebabkan penanggung jawab mengalami kewalahan dan menimbulkan inefisiensi.
Technical Support
Proses eskalasi terhadap suatu permasalahan, kerap kali mengalami kesulitan ketika pihak penaggung jawab atau tenaga penjual yang dihubungi oleh pelanggan tidak dapat dihubungi atau sedang tidak standby dilapangan.
Baca Juga: Internet AccessGateaway, Solusi Efektif untuk Kontrol Akses Internet Lambat
Bagaimana Memilih Customer Engagement Solution Terbaik?
Perusahaan perlu menyiapkan cara yang efektif dan relevan dengan gaya hidup pelanggan saat ini, yaitu eksistensi brand yang selalu hadir 24/7 untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Customer Engagement adalah hal yang perlu dimiliki perusahaan. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan, menganalisa interaksi pelanggan dan feedback yang diperoleh. Produk dan layanan yang disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan akan meningkatkan customer satisfaction.
Untuk sebagian besar perusahaan, meningkatkan customer engagement sangat kompleks dan rumit. Namun kini telah tersedia solusi untuk meningkatkan customer engagement tanpa proses yang rumit. Salah satu solusi tersebut ditawarkan oleh Kouventa yang terdiri dari integrasi khusus untuk aplikasi bisnis dengan chat Bussiness API.
Wujudkan Customer Engagement yang Optimal dengan Kouventa
Kouventa menawarkan solusi end to end business communication yang terdiri dari integrasi khusus untuk aplikasi bisnis dengan solusi API bisnis WhatsApp. Berikut adalah Fitur Utama yang dapat Anda ambil dari solusi Kouventa.
Business Communication Channel
Kouventa dapat membantu bisnis Anda dengan menawarkan solusi campaign, omnichannel sebagai media komunikasi dengan pelanggan, business reminder, dan customer success tools.
Custom Integrated with Business App
Anda dapat menyederhanakan dan mempercepat aktivitas bisnis, membangun pengalaman bisnis baru untuk calon pelanggan menggunakan fitur chat Business API.
Protecting Your Critical Database
Kouventa menawarkan pendekatan penyimpanan database customer secara lokal di perangkat perusahaan untuk membantu Anda menjaga pelanggan potensial tanpa khawatir terjadi kebocoran data ketika menggunakan Bussines chat API.
6 Fitur Unggulan Kouventa
Beberapa keunggulan fitur Kouventa yang sangat relevan dengan pengembangan bisnis Anda, dari Live Chat sampai dengan Business Automation. Berikut enam fitur unggulan Kouventa untuk mendukung bisnis Anda.
Live Chat
Terhubung dengan calon pelanggan Anda dengan lancar dan kelola semua percakapan dalam satu portal menggunakan platform Kouvénta.
Interactive Message Template
Membuat pesan menarik dengan cepat, mudah untuk dibuat dan bisa menentukan pesan interaktif berdasarkan kebutuhan bisnis.
Unlimited Number of Agent
Dengan menggunakan satu nomor chat, Kouventa memungkinkan bisnis untuk membuat agen tanpa batas.
Reporting
Menggunakan Kouventa memungkinkan Anda untuk melakukan analisis laporan kinerja karyawan secara real time dan bisnis bisa proaktif dalam menangkap peluang.
Multiple Chat Automation
Kouventa memungkinkan Anda membuat otomatisasi untuk tujuan bisnis yang berbeda , seperti konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman, pengingat acara, dan banyak lagi.
Automated Chat Distribution
Memungkinkan Anda untuk menerima permintaan obrolan pengunjung secara otomatis. Setelah pengunjung memulai permintaan obrolan, mereka akan segera terhubung ke agen yang tersedia. Ini mengurangi waktu tunggu dan membantu mengurangi pengabaian antrian.
Dapatkan Kouvénta di Helios
Dapatkan Kouventa dari Helios Informatika Nusantara (HIN). Helios sebagai partner IT solution di Indonesia akan membantu perusahaan Anda mulai dari tahap konsultasi, pengembangan, hingga dukungan purna jual. Tim IT profesional dan tersertifikasi akan membantu Anda menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan pengembangan perusahaan Anda. Informasi lebih lanjut mengenai Kouventa dengan kunjungi laman ini atau menghubungi kami melalui [email protected].
Penulis: Ary Adianto
Content Writer CTI Group