Ini Alasan Rugged Phone Ideal untuk Pekerja Lapangan dan Multitasking

Ini Alasan Rugged Phone Ideal untuk Pekerja Lapangan dan Multitasking


Sejak kehadiran industri 4.0 dan era pandemi, digitalisasi bisnis semakin meningkat dan diterapkan berbagai perusahaan. Selama periode tersebut, operasional bisnis terus didorong untuk berevolusi ke cara yang lebih digital, seiring mengikuti model kerja Work from Anywhere dan juga hybrid.

Dalam penerapan remote working, perusahaan sejatinya memerlukan dukungan teknologi yang lebih canggih dan disesuaikan untuk kebutuhan hybrid. Salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat rugged device, seperti rugged phone. Sesuai dengan namanya, rugged phone adalah smartphone yang memiliki kemampuan khusus serta bisa bertahan dalam kondisi ekstrem. Idealnya, rugged phone dirancang untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan bekerja dari mana saja, khususnya bagi mereka yang ada di lapangan.

Kali ini, Helios akan membahas apa saja tantangan yang dihadapi dalam mengadopsi teknologi di era remote working, serta relasi dari rugged phone terhadap kebutuhan ini. Selengkapnya, baca di artikel berikut ini.


Tantangan Utama dalam Remote Working

Penerapan remote working ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pada kenyataannya, banyak perusahaan yang sulit untuk metransformasikan bisnisnya menjadi hybrid atau digital sepenuhnya. Salah satu alasannya adalah karena mereka belum memiliki perangkat yang mudah digunakan untuk kerja lapangan. Tentunya, perangkat untuk kebutuhan ini harus bisa mendukung mobilitas, multitasking tinggi, dan  tidak gampang rusak.

Saat memilih perangkat yang dimaksud, bisnis perlu kembali mencermati spesifikasi dari perangkat yang diinginkan. Dalam hal ini, rugged device--termasuk rugged phone--menjadi rekomendasi teratas yang dapat memenuhi tuntutan tersebut.

Baca Juga: Lika-Liku Penerapan Smart Hospital Management System di Sektor Kesehatan


Mengapa Rugged Phone Menjadi Perangkat yang Cocok untuk Era Hybrid?

rugged phone untuk pekerjaan outdoor

Hybrid atau remote working memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja. Model kerja ini mungkin sudah lebih dulu dinormalisasi industri seperti manufaktur, retail, agrikultur, kesehatan serta logistik, yang menyebar tenaga kerjanya untuk beroperasi di lapangan.

Namun demikian, seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam menerapkan remote working, dibutuhkan perangkat seperti rugged phone. Sebab, rugged phone mengusung durabilitas yang tinggi, di mana dapat digunakan di berbagai jenis lingkungan dan cuaca apa pun. Rugged device seperti ini pun biasanya sudah memenuhi sertifikat durabilitas seperti IP68, yang membuatnya tahan terhadap air dan debu.

Selain durabilitas, rugged device juga memiliki layar yang kuat, dan bahkan bisa digunakan oleh pengguna yang memiliki sarung tangan. Fitur ini sangat ideal untuk digunakan bagi mereka yang bekerja di lapangan dengan sarung tangan dan harus tetap berkomunikasi via perangkat. Tak cuma itu, rugged phone pun memiliki baterai yang kuat, membuatnya menjadi perangkat dengan daya terbesar dan membantu produktivitas pengguna untuk tidak pusing jika kehabisan baterai.

Baca Juga: Smart Manufacturing: Solusi Menuju Revolusi Industri 4.0


Samsung Galaxy Rugged Smartphone untuk Penunjang Produktivitas dan Kerja Lapangan

Kedua Rugged Device dari Samsung, yakni Samsung Galaxy Xcover 5 dan Samsung Galaxy Tab Active3, menjadi solusi untuk bisnis yang ingin mengoptimalkan produktivitas kerja remote mereka secara praktis, nyaman dan aman. Dengan kedua perangkat ini, bisnis di industri-industri dengan tuntutan tinggi dapat mengelola dan mengontrol kegiatan mereka dengan efektif, sehingga bisa lebih fokus dengan pekerjaan, meningkatkan profitabilitas dan yang terpenting: mengurangi biaya operasional.


   Samsung Galaxy Tab Active3

Samsung Galaxy Tab Active3 dirancang dengan standar militer dan bersertifikasi IP68, yang membuatnya tahan terhadap air, debu, tanah, pasir serta guncangan. Durabilitas tinggi ini, mampu membuat Galaxy Tab Active3 dapat digunakan di kondisi lingkungan apa pun.

Untuk fitur, perangkat ini memiliki fitur Samsung DeX, yang memudahkan pengguna menghubungkan perangkat ke berbagai perangkat pendukung lainnya, sehingga bisa beroperasi seperti PC dalam satu genggaman. Saat dihubungkan ke monitor via converter USB, Galaxy Tab Active3 bisa langsung menggantikan komputer yang dipakai.

Soal dapur pacu, GalaxyTab Active3 diperkuat prosesor Exynos 9810, RAM 4GB, memori internal 64GB dengan ekspansi hingga 1TB. Adapun perangkat ditunjang kamera utama dengan resolusi 13MP, dan kamera depan beresolusi 5MP. Untuk konektivitas, perangkat ini juga sudah bisa berjalan dengan WiFi terbaru, yakni WiFi 6. Dalam segi daya, perangkat dibekali baterai replaceable hingga 5.050mAh, serta layar responsif 8 inci yang bisa digunakan sarung tangan, dan hadir dengan Samsung S Pen.


   Samsung Galaxy Xcover 5

Samsung Galaxy Xcover5 menjadi smartphone dengan durabilitas tinggi, yang juga dapat melakukan berbagai jenis tugas berat dengan performa andal. Tak cuma tahan banting, multitasking yang bisa dilakukan perangkat ini juga berkinerja optimal berkat prosesor octa-core dan kapasitas penyimpanan internal 64GB yang bisa diekspansi hingga 1TB. Smartphone dengan layar HD+Display 5,3 inci ini pun ditopang kamera utama beresolusi 16MP dengan Dual LED Flash, dan kamera depan beresolusi 5MP.

Sama seperti Samsung GalaxyTab Active3, smartphone ini memiliki layar yang sensitif terhadap sentuhan sarung tangan, serta memiliki baterai replaceable hingga3.000mAh.

Baca Juga: Cek 3 Kemudahan Insurtech Dibanding Asuransi Konvensional


Samsung Rugged Smartphone Ideal di Berbagai Industri

Perangkat rugged dari Samsung sangat ideal untuk digunakan di berbagai industri, khususnya industri yang mengharuskan karyawannya bekerja di outdoor dan multitasking. Berikut beberapa sektor yang cocok untuk menerapkan pemakaian Samsung Rugged Phone.


   Retail

Bisnis retail yang memiliki banyak cabang, dapat menggunakan Samsung Galaxy Tab Active3 untuk menjalankan operasional lebih efisien. Fitur S Pen dari perangkat ini bisa membantu proses penandatanganan kontrak dan dokumen lebih praktis. Tak cuma itu, Samsung Galaxy Tab Active3 juga memiliki Samsung DeX untuk menunjang pekerjaan multitasking karyawan retail, serta didukung fitur scan barcode NFC untuk memudahkan karyawan memeriksa database dan cek inventory.


   Manufaktur

Berstandar militer, Samsung Rugged Phone sangat ideal untuk perusahaan manufaktur di Indonesia yang butuh perangkat kuat bagi karyawannya saat berada di pabrik dan lapangan. Mereka bisa menggunakan Samsung Rugged Phone tanpa harus membuka sarung tangan. Sama halnya seperti retail, perangkat ini juga membantu sektor manufaktur untuk melakukan pengecekan database dan inventory dengan fitur scan barcode NFC. Tak cuma itu, Samsung Rugged Phone pun berfungsi sebagai perangkat push-to-talk, yang mana membantu komunikasi karyawan di lapangan lebih mudah.


   Asuransi

Samsung Galaxy Tab Active3 memberikan kemudahan bagi para agen asuransi sebagai perangkat pendukung mobilitas tinggi dalam memenuhi kebutuhan pendaftaran dan klaim polis dengan cepat. Selain itu, perangkat ini pun memudahkan multitasking dengan perangkat lain untuk mendukung aktivitas agen. Menariknya lagi, Samsung Galaxy Tab 3 juga mendukung proses paperless, ambil contoh melakukan tanda tangan dokumen digital bisa menggunakan S Pen. Adapun fitur Face Recognition dan Fingerprint mampu menghadirkan keamanan ekstra untuk mengumpulkan dan menyimpan data nasabah dalam perangkat.


   Distribusi dan Logistik

Untuk sektor distribusi dan logistik, perangkat Samsung Galaxy Xcover 5 sangat kompatibel, karena hadir dengan fitur POGO charging dock, di mana dapat melakukan pengisian daya dari pihak ke-3 dengan mudah. Fitur No Battery Mode juga memudahkan pengguna di sektor ini karena mereka dapat menggunakan Galaxy Xcover 5 tanpa baterai, hanya dengan menyambungkan perangkat ini ke power supply yang ada di kendaraan. Selain Galaxy Xcover 5, Samsung Galaxy Tab Active3 juga pas untuk digunakan karyawan distribusi dan logistik, karena memiliki fitur tanda tangan dokumen dengan praktis dari perangkat.


   Agrikultur

Samsung Galaxy Xcover 5 sangat ideal digunakan di sektor agrikultur karena memiliki durabilitas tinggi, yang mana cocok untuk dipakai di berbagai jenis lingkungan dan cuaca ekstrem. Fitur push-to- talk yang ada di perangkat ini juga memudahkan staf di pertanian dan perkebunan untuk lebih mudah berkomunikasi di situasi mana pun.


   Kesehatan

Sektor kesehatan yang sudah mulai paperless juga ideal menggunakan Samsung Galaxy Tab Active3, karena memungkinkan tim medis dan admin mengontrol keadaan dan perawatan pasien lebih baik, serta menggunakan perangkat ini tanpa harus melepas sarung tangan medis. Galaxy Tab Active3 bisa digunakan layaknya komputer portabel, di mana dapat membantu para dokter melakukan konsultasi, serta memonitor kondisi pasien secara remote. Fitur scan barcode NFC yang ada di perangkat ini juga membantu staf medis memantau riwayat pasien.


Dapatkan Samsung Galaxy Rugged Phone dari Helios

Anda bisa mendapatkan lini Samsung Galaxy Rugged Device, baik Samsung Galaxy Xcover 5 dan Samsung Galaxy Tab Active3 dari Helios Informatika Nusantara. Helios sebagai authorized partner dari Samsung akan membantu Anda mengadopsi perangkat ini, mulai dari tahap konsultasi, deployment dan juga after-sales.

Tim IT profesional dan tersertifikasi Helios juga akan membantu Anda menghindari trial and error. Cari tahu lebih lanjut mengenai Samsung Rugged Device dengan menghubungi kami melalui WhatsApp Helios.


Penulis: Jeko Iqbal Reza

Content Writer CTI Group


Bagikan Post Ini