Transformasi digital perbankan kini menjadi salah satu kebutuhan demi memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Bukan tanpa alasan, semua sektor bisnis termasuk perbankan dituntut untuk melakukan transformasi digital untuk menghadirkan inovasi layanan di tengah ketatnya persaingan dan meningkatnya pola aktivitas nasabah ke arah digital.
Seperti halnya bisnis lain, IDC memprediksi sekitar 33 persen perusahaan global diperkirakan akan gulung tikar jika tidak melakukan transformasi digital terhadap bisnisnya. Untuk itu, sektor perbankan dituntut melakukan transformasi digital, termasuk salah satunya digitalisasi produk dan layanan bagi nasabah.
Lalu, bagaimana sebenarnya lika-liku transformasi digital di sektor perbankan? Apa saja tantangan dan solusi yang dibutuhkan perbankan untuk merespons transformasi digital? Cek penjelasan lengkapnya berikut.
Tantangan yang Dihadapi Nasabah dan Karyawan Perbankan
Tantangan transformasi digital bukan hanya berdampak pada keberlangsungan bisnis perbankan, tetapi juga faktor pendukungnya yakni nasabah dan karyawan di dalamnya. Baik nasabah maupun karyawan perbankan akan menghadapi tantangan sehingga didorong untuk beradaptasi dengan proses transformasi digital.
Ledakan penggunaan smartphone, internet, hingga aplikasi yang saling terhubung memungkinkan perbankan membangun relasi business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pemanfaatan teknologi kemudian mendorong perbankan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan nasabah lewat konsep digital banking melalui beragam aplikasi dan perangkat sebagai delivery channel yang dapat diakses secara real-time.
Mengacu pada berbagai faktor, digital banking di Indonesia saat ini dalam tahap pengenalan yang dimulai dengan fase digital branch untuk memproses registrasi nasabah dan pembukaan rekening secara mandiri. Pada tahap ini, perbankan menghadapi tantangan berupa keamanan transaksi sekaligus memastikan keabsahan data melalui pemanfaataan e-KTP.
Untuk itu, transformasi bisnis menuntut perbankan agar mampu memberikan dukungan infrastruktur yang canggih, agile, dan aman. Perbankan harus beralih menggunakan infrastruktur IT yang ma mpu memberikan jaminan keamanan data nasabah, menyederhanakan dan mempercepat proses operasional bisnis sekaligus memangkas biaya, meminimalkan sumber daya, dan memberikan inovasi layanan.
Dari sisi nasabah, transformasi digital perbankan tentu memicu kekhawatiran terkait keamanan data dan transaksi keuangan. Kemudahan dan kecepatan untuk mengakses layanan perbankan harus diiringi dengan kemampuan memberikan proteksi dari berbagai ancaman pencurian dan layanan downtime saat dibutuhkan oleh nasabah.
Tantangan lain yang dihadapi perbankan dari sisi internal yakni potensi menurunnya produktivitas karyawan. Tak jarang, karyawan justru menjadi malas ketika akan pergi ke luar kota atau business trip karena harus menggunakan uang pribadi di awal dan proses klaim ke manajemen.
Proses ini menghambat produktivitas karyawan karena tidak ada dashboard untuk memantau record pemakaian fasilitas perusahaan. Selain itu, tidak adanya armada atau kurir yang stand by saat dibutuhkan untuk mengirimkan dokumen atau mengantar karyawan saat harus meeting di luar, juga menjadi tantangan lain di tengah proses transformasi bisnis perbankan.
Padahal, nasabah dan karyawan tentu membutuhkan transformasi digital untuk memudahkan aktivitas mereka. Bagi karyawan, digitalisasi bisnis perbankan tentu dapat menyempurnakan layanan kepada nasabah dan menjaga produktivitas kerja. Sementara bagi nasabah, transformasi digital sangat penting untuk memberikan kemudahan, kecepatan, dan jaminan keamanan data dari potensi kejahatan siber.
Solusi Pendukung Transformasi Digital Perbankan
Untuk menghadapi tantangan yang dihadapi oleh nasabah dan karyawan di industri perbankan, dibutuhkan solusi pendukung transformasi digital yang memadai dan mampu mengakomodir faktor internal dan eksternal. Helios Informatika Nusantara, sebagai digital IT solution provider akan membantu proses transformasi digital bisnis perbankan. Berikut rangkaian solusi pendukung transformasi digital industri perbankan yang bisa didapatkan dari Helios.
Nutanix HCI
Solusi Nutanix Hyperconverged Infrastructure (HCI) merupakan 100 persen software yang dapat mengintegrasikan komputasi, virtualisasi, penyimpanan, jaringan, dan keamanan untuk kebutuhan aplikasi apa pun dan pada skala apa pun pada bisnis perbankan. Solusi yang dibangun di atas teknologi HCI ini akan menyatukan operasional IT dan menghadirkan mobilitas aplikasi tanpa hambatan di berbagai lingkungan cloud.
Nutanix akan mentransformasi penyedia layanan keuangan dengan memodernisasi sekaligus menyederhanakan infrastruktur IT dengan menyediakan data center yang aman. Tak hanya itu, Nutanix juga akan mengurangi kompleksitas dengan merampingkan data center menggunakan infrastruktur HCI sehingga perbankan dapat membangun platform private cloud untuk memberikan layanan digital yang efektif.
Berikut lima keunggulan Nutanix HCI sebagai solusi transformasi digital bisnis perbankan:
1. Tingkatkan Pengalaman Customer
kini dapat bertransaksi dengan mudah berkat proses digitalisasi yang dilakukan oleh perbankan tanpa perlu repot mendatangi kantor cabang bank.
2. Optimalkan Manajemen Data
Kemampuan mengolah data granular mulai dari mencatat komplain yang masuk melalui call center, catatan kriminal, peringkat kredit, catatan klaim masa lalu, dan pola transaksional membuat perbankan memiliki kesiapan secara akurat dan efisien untuk menghadapi persaingan bisnis. Manajemen data juga memungkinkan perbankan mengimplementasikan Machine Learning (ML) untuk membuat prediksi cerdas berdasarkan tren histori data yang ada.
3. Efisiensi Biaya
Perbankan dapat memangkas biaya operasional dan TCO menjadi lebih rendah, termasuk memotong biaya infrastruktur.
4. Tingkatkan Keamanan Siber
Nutanix memiliki kemampuan “Security First Design and Defence in Depth” untuk meningkatkan keamanan operasional bisnis perbankan dan mencegah pelanggaran data, termasuk di area kritikal yang kerap menjadi sasaran aksi peretasan.
5. Dukung Produktivitas Karyawan
Perbankan dapat mengalokasikan sumber daya dan meningkatkan produktivitas karyawan berkat operasional IT yang terintegrasi.
Grab For Business
Grab telah dipercaya sebagai perusahaan yang dapat memberikan solusi mobilitas bagi pengguna. Sama halnya dengan Grab for Business yang dapat membantu sales dan karyawan bank memberikan pelayanan sempurna bagi nasabah. Berikut tiga layanan Grab for Business yang dapat dimanfaatkan oleh industri perbankan:
1. Grab Transport
Manajemen bank dapat mengatur akomodasi karyawan dan kebutuhan transportasi lain. Grab Transport memastikan manajemen bank dapat menjaga produktivitas karyawan yang harus bepergian keluar. Selain memudahkan mobilitas karyawan, manajemen bank juga dapat mengawasi setiap perjalanan bisnis yang menggunakan Grab Transport.
2. Grab Delivery
Bank kini bisa lebih mudah mengirim dokumen ke nasabah atau client hingga mengirim hampers ke nasabah prioritas. Grab Delivery akan membantu mengatasi kerumitan pengiriman paket kepada nasabah. Standar keamanan yang tinggi memungkinkan semua pengiriman melalui Grab Delivery diasuransikan dengan proses mudah untuk kebutuhan booking, payment, reporting, dan tracking.
3. Dashboard Portal Grab for Business
Perbankan dapat memonitor catatan biaya pengeluaran, pengiriman dokumen, hingga penggunaan layanan pemesanan makanan untuk kebutuhan meeting hanya melalui Single Dashboard Management. Dashboard Portal Grab for Business dapat meminimalisir sistem claim ke manajemen dengan metode payment corporate billing yang bisa diterapkan dengan sistem pakai di awal dan tagihan invoice pada akhir bulan ke perusahaan.
Baca Juga: Ini Peluang dan Tantangan Digitalisasi Industri Perbankan di Era Endemi
Helios sebagai Digital IT Solutions Provider untuk Industri Perbankan di Indonesia
Saat ini menjadi momen tepat bagi industri perbankan untuk melakukan transformasi digital dengan solusi Nutanix HCI dan Grab for Business dari Helios untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah dan client. Dapatkan solusi Nutanix HCI dan Grab for Business di Helios Informatika Nusantara (HIN) sebagai authorized partner Nutanix dan Grab di Indonesia.
Tim profesional, berpengalaman, dan bersertifikat Helios akan membantu Anda mulai dari tahap konsultasi, deployment, management, hingag dukungan after sales untuk memastikan Anda terhindar dari trial and error. Cari tahu lebih lanjut mengenai proses transformasi digital bisnis perbankan dengan menghubungi kami melalui [email protected].
Penulis: Ervina Anggraini
Content Writer CTI Group