Artificial Intelligence (AI) dalam industri ritel telah menjadi kunci untuk mengatasi tantangan distribusi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam era ini, teknologi seperti Azure Machine Learning dan Azure Open AI telah membuka pintu bagi transformasi signifikan dalam operasional bisnis ritel.
Sejak Q3 2021, AI telah menjadi kekuatan disruptif yang mampu mengoptimalkan supply chain, meningkatkan efisiensi penjualan, merancang perencanaan bisnis yang lebih adaptif, meningkatkan layanan konsumen, dan secara substansial mengurangi biaya operasional.
Kemampuan AI yang tergabung dengan Machine Learning memungkinkan prediksi permintaan yang akurat untuk setiap produk, di seluruh cabang retail. Dengan visibilitas yang lebih baik terhadap permintaan pasar, ritel dapat meningkatkan proses perencanaan dan operasional mereka secara menyeluruh.
Namun, sejauh mana perkembangan AI dalam industri ritel? Bagaimana teknologi ini dapat mengatasi tantangan yang muncul? Dan apa potensinya untuk mendukung pertumbuhan bisnis ritel?
Perkembangan Industri Retail dan Artificial Intelligence
Perkembangan teknologi tentu menjadi tantangan dan peluang baru bagi industri retail. Kemunculan Artificial Intelligence (AI) telah banyak dieksplorasi oleh berbagai industri, termasuk retail.
Hal tersebut tampak dari kenaikan pemanfaatan AI untuk meningkatkan pelayanan pelanggan di mana ada 40 persen pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) antara 2021 dan 2027 di wilayah Asia Pasifik. Kendati dimikian, penerapan AI di industri retail di Indonesia hingga saat ini masih belum menghasilkan otomatisasi atau augmentasi proses secara signifikan.
Padahal, integrasi AI ke dalam permintaan dan optimalisasi dinamika bisnis ritel berskala besar dan ritme sangat cepat sangat memungkinkan dan secara konsisten dapat meningkatkan ketersediaan produk, menyederhanakan proses distribusi, dan meningkatkan efektivitas operasional dalam distribusi barang hingga ke toko. Penerapan AI di industri retail juga dapat mendorong profitabilitas dan memangkas biaya sehingga arus kas perusahaan dapat dikelola untuk keberlangsungan bisnis.
Penerapan AI dapat membantu bisnis retail mengurangi biaya operasional melalui otomatisasi prakiraan permintaan, membantu efisiensi pengelolaan inventaris omni-channel, hingga meningkatkan pengalaman dan pelayanan terhadap pelanggan.
Tantangan Industri Retail Saat Ini
Kendati menjanjikan banyak kelebihan, industri retail saat ini sedang menghadapi tantangan di tengah ketatnya persaingan bisnis. Untuk itu, industri retail dituntut agar semakin kompetitif dengan memberikan inovasi yan relevan dan dapat menarik perhatian pelanggan.
Lantas, apa saja tantangan yang dihadapi industri retail saat ini? Berikut beberapa tantangan tersebut.
Perubahan Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen yang terus berubah seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital membuat industri retail harus cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Kenaikan Biaya
Operasional biaya retail terus meningkat, terutaa terkait kebutuhan logistik dan tenaga kerja. Hal ini membuat industri retail harus mencari cara untuk mengurangi biaya tanpa mengurangi kualitas layanan.
Penurunan Daya Beli
Penurunan konsumsi dan daya beli masyarakat cukup drastis di tengah kondisi ketidakstabilan ekonomi. Ada banyak penyebab, salah satunya migrasi transaksi online hingga pelemahan nilai tukar rupiah yang berdampak pada meningkatnya harga jual barang.
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan
Banyaknya pilihan channel dan peritel menjadi nilai tambah bagi konsumen. Di sisi lain, banyaknya kompetitor menyulitkan industri retail untuk menjaga loyalitas pelanggan dibandingkan dengan era konvensional. Untuk itu, dibutuhkan pendekatan personal terhadap kebutuhan pelanggan dengan memperhatikan preferensi kebutuhan yang terkait dengan produk dan solusi.
Bagaimana Artificial Intelligence Dapat Atasi Tantangan di Industri Retail
Untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri retail, maka dibutuhkan teknologi AI retail. Azure OpenAI merupakan salah satu solusi AI retail yang dapat membantu industri retail mengatasi berbagai tantangan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendorong pertumbuhan bisnis.
Layanan ini memberikan akses ke model AI bahasa dan coding terdepan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri retail, termasuk untuk kebutuhn membuat konten, ringkasan, melakukan pencarian data secara otomatis, hingga meningkatkan akurasi secara cepat dan mudah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Azure OpenAI untuk atasi tantangan di sektor retail.
Tingkatkan Pengalaman Pengguna
Azure Cognitive Service dapat membantu industri retail membuat chatbot yang lebih cerdas untuk menjawab setiap pertanyaan pelanggan dengan lebih akurat dan mempermudah proses penyelesaian masalah. Machine Learning Azure dapat digunakan untuk memprediksi permintaan produk, sehingga industri retail dapat memastikan ketersediaan stok untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Tingkatkan Efisiensi Operasional
Azure Machine Learning dapat mengoptimalkan supply chain yang dapat mengurangi biaya dan meningkatkan waktu pengiriman untuk sektor retail. Azure Cognitive Services dapat mengotomatiskan tugas-tugas operasional, seperti pemesan ulang produk dan pengelolaan inventaris sektor retail.
Pengalaman Pengguna Menjadi Lebih Inovatif
Azure OpenAI API dapat membuat chatbot yang mampu memahami dan merespons bahasa alami, sehingga interaksi dengan pelanggan dapat terjadi secara alami. OpenAI API juga dapat membuat toko virtual secara lebih realistis sehingga pelanggan dapat berbelanja secara virtual dengan pengalaman yang senada dengan dengan toko fisik.
Baca Juga: Cek Benefit Microsoft Intune untuk Permudah Mobile Device Management
Fitur dan Keunggulan Microsoft Azure OpenAI
Microsoft Azure OpenAI memiliki empat keunggulan, antara lain:
- Mengurangi 50 persen biaya yang dikeluarkan untuk IT security dengan kemampuan otomatisasi platform security perusahaan.
- Kurangi biaya operasional hingga 7 kali lipat dengan mengkolaborasikan kekuatan AI untuk pekerjaan berulang dan menyita waktu.
- Tingkatkan produktivitas hingga 50 persen untuk mengekstrak insight eksternal dari data yang terstruktur.
- Percepat identifikasi key insights hingga 10 kali lipat.
Azure OpenAI dapat diintegrasikan dengan solution area sebagai berikut:
- Integrasi Database
- Integrasi Datawarehouse
- Integrasi IoT
- Form Recognizer
- Bot Service
- Cognitive Search
- Video Indexer
- Metrix Advisor
- Aplikasi Low Code
Dapatkan Azure OpenAI hanya di Helios
Helios Informatika Nusantara (HIN) merupakan cloud solution provider yang direkomendasikan oleh Microsoft berkomitmen untuk membantu industri retail mengadopsi AI secara mudah dan efisien.
Didukung tim IT profesional yang bersertifikat dan berpengalaman, Helios memastikan Anda terhindar dari trial and error mulai dari tahap konsultasi hingga setelah proses deployment. Cari tahu lebih lanjut mengenai Microsoft dengan mengunjungi link ini atau hubungi kami di sini.
Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group