Sales Force Automation (SFA) menjadi solusi penting dan efektif untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim sales. Di tengah ketatnya persaingan bisnis, SFA mampu menyederhanakan proses penjualan dengan mongotomatiskan tugas sales yang bersifat berulang dan administratif.
Hal inilah yang menjadikan SFA memiliki peran penting untuk memastikan tim sales tak melulu sibuk mengurus data pelanggan. Lantas, sejauh mana peran SFA untuk tingkatkan penjualan bisnis? Helios memaparkannya secara lengkap untuk Anda dalam artikel berikut.
Apa itu SFA?
Sales Force Automation (SFA) adalah sistem otomatisasi yang digunakan oleh sales untuk mengelola dan mengotomatiskan tugas terkait penjualan. SFA biasanya difokuskan pada pekerjaan yang bersifat berulang dan administratif untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mempercepat proses penjualan, hingga meningkatkan pengalaman pengguna.
SFA terdiri dari beberapa fitur, yakni manajemen leads, manajemen kontak, manajemen peluang, manajemen penawaran, manajemen proyek, dan pelacakan penjualan. Fitur-fitur ini dapat membantu tim sales saat melacak dan memperoleh data customer, menentukan peluang penjualan, memperkirakan waktu penyelesaian proyek, hingga memantau proses penjualan. Untuk meningkatkan dan mempercepat proses bisnis, SFA dapat terintegrasi dengan sistem lain, salah satunya CRM (Customer Relation Management).
Mengapa SFA Penting untuk Bisnis Distribusi & FMCG?
Kemampuan SFA untuk mengotomatiskan tugas-tugas rutin tentu meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sehingga tim sales dapat fokus membangun hubungan dengan custome. Mengutip Act!, berikut beberapa alasan yang menjadikan SFA sebagai solusi penting untuk tim sales
1. Tingkatkan Fokus Tim Sales
Dengan menyerahkan tugas administratif pada software SFA, tim sales dapat fokus pada tugas yang lebih penting. Misalnya, menghubungi klien yang prospek, mengatur strategi penjualan, meningkatkan kemampuan negosiasi, hingga memperluas jaringan bisnis.
2. Merampingkan Proses Penjualan
Otomatisasi memungkinkan tim sales tak lagi lupa dengan tugas rutin, seperti menelepon atau mengirim email follow-up ke klien, hingga jadwal meeting. SFA memastikan semua itu tidak terlewatkan.
3. Mengelompokkan Data Penting
SFA memungkinkan seluruh anggota tim sales menyimpan dan menyatukan data pelanggan yang mereka miliki dalam satu tempat penyimpanan.
4. Tingkatkan Visibilitas dan Transparansi
Menejemen dapat me–monitor performa dan aktivitas tim sales, termasuk melihat data penjualan secara real-time untuk mendapatkan insight saat melakukan evaluasi performa penjualan, mengetahui perilaku pelanggan, tren pasar, kinerja penjualan, hingga menyusun strategi yang lebih efektif.
5. Tingkatkan Kepuasan Pelanggan
Data yang dikelola secara efektif membantu tim sales memberikan layanan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, proses penjualan menjadi lebih cepat dan hubungan dengan pelanggan pun semakin erat.
Baca Juga: Tingkatkan Aksesibilitas dengan Digitalisasi Pelayanan Publik
SFA dan Tantangan dalam Bisnis Distribusi & FMCG
SFA menjadi salah satu solusi efektif yang dibutuhkan oleh bisnis distribusi dan FMCG dalam meningkatkan penjualan, mengecek ketersediaan stok produk, memantau semua aktivitas sales secara real-time, tingkatkan loyalitas dan hubungan dengan customer, hingga memastikan kunjungan sales menjadi lebih efektif. Serangkaian tantangan yang dihadapi oleh bisnis distribusi dan FMCG mencakup waktu operasional gudang dan bisnis customer, klasifikasi jalan, jam kerja sopir, waktu tunggu, kapasitas kendaraan, in-store display, hingga keamanan data.
Hal ini juga termasuk pada tantangan terkait produk yang dikembalikan oleh customer, stok barang tidak memenuhi permintaan pasar, kapasitas kendaraan yang tidak dapat digunakan lagi, hingga perpindahan produk yang tidak diperlukan. Padahal, produk FMCG rata-rata memiliki margin keuntungan kecil dan usia produk yang pendek.
Tantangan ini tentu akan berpengaruh pada kurangnya efisiensi proses bisnis dan strategi sales yang kurang maksimal, sehingga berpotensi pada menurunnya jumlah customer. Untuk itu, SFA dapat menjadi solusi bagi bisnis distribusi dan FMCG dalam mengatasi masalah order dan retur, pengiriman, skema promo, stok barang di gudang, penjemputan pesanan, profiling customer, dokumentasi dan performa sales, hingga rute yang akan dilalui oleh sopir.
Nah, jika Anda butuh solusi endpoint agar aplikasi SFA bisa otomatis terinstal di device perusahaan, maka Anda memerlukan Helios Mobility Suite (HMS). HMS memungkinkan perusahaan distribusi dan FMCG untuk dapat melakukan push aplikasi, update, dan delete aplikasi secara otomatis tanpa sepengetahuan pengguna, sehingga aplikasi tersebut dapat terdistribusi dengan baik di device karyawan.
HMS Bantu Aplikasi SFA Auto Download di Device Karyawan
Helios Mobility Suite (HMS) merupakah solusi mobile device management yang membantu aplikasi bisnis seperti Sales Force Automation (SFA) dapat otomatis terinstal secara silently di perangkat perusahaan Anda. Selain itu HMS juga memastikan keamanan data dan produktivitas karyawan selama proses penjualan dan distribusi produk.
Kemampuan HMS dalam mengelola dan me-monitor perangkat dan aplikasi mobile tak terlepas dari kehadiran fitur canggih berikut.
Application Management
Kelola dan kontrol aplikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh diinstal di device karyawan. Hal ini menghindari karyawan sembarang menginstal aplikasi untuk kepentingan pribadi.
GPS Tracking
Lacak lokasi karyawan ketika mendistribusikan barang dan mengunjungi toko atau pasar melalui location tracking. Perusahaan dapat memantau pergerakan device untnuk menganalisa efisiensi karyawan. Fitur endpoint management akan memantau kondisi dan informasi perangkat secara real-time.
Push Notification
Perusahaan dapat merilis materi sales berupa katalog terbaru, update promo, media promosi, hingga materi training ke semua sales secara bersamaan. Dengan begitu, mereka tetap mendapatkan update terkini mengenai file atau notifikasi penjualan.
Silent Installation
Update, instal, dan hapus aplikasi tanpa sepengetahuan pengguna device untuk memastikan aplikasi selalu update ke versi terbaru dan menghindari celah keamanan. HMS dapat memblokir update OS yang dapat memengaruhi kinerja device. Perusahaan dapat memastikan aplikasi terdistribusi di seluruh perangkat karyawan dan tidak dapat di-uninstall tanpa persetujuan admin.
Security and Control
Proteksi data yang tersimpan di perangkat dari potensi kebocoran data dengan mematikan koneksi Bluetooth, kamera dan screenshort, memblokir akses ke aplikasi third party, hingga force password terhadap device yang digunakan. Ketika perangkat hilang atau dicuri, remote wipe memungkinkan perusahaan untuk menghapus seluruh data secara remote melalui dashboard HMS. Dengan begitu, data perusahaan tetap aman dan device terkunci sehingga tidak dapat digunakan.
Zero-touch
Perusahaan yang memiliki ratusan hingga ribuan device yang tersebar di berbagai kondisi geografis dapat merilis aplikasi dan update dengan mudah. Enrollment HMS dapat dilakukan secara online, tanpa harus mengumpulkan device satu per satu, sehingga operasional dan produktivitas karyawan tidak terganggu.
Dengan serangkaian fitur canggihnya, HMS hadir dengan keunggulan berikut:
– Implementasi mudah: proses instalasi dengan teknologi zero-touch sehingga lebih cepat dan praktis.
– Pelayanan maksimal: support tim selama 24/7 untuk membantu Anda mengatasi berbagai kendala.
– Fitur sesuai kebutuhan bisnis: dapatkan kemudahan customized fitur HMS sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.
Baca Juga: Zero Touch Enrollment Permudah Onboarding Device Anti Ribet
Pastikan device & aplikasi perusahaan terpakai dengan baik bersama HMS
Apakah Anda sudah siap mentransformasi bisnis FMCG dan distribusi Anda? Atasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh tim sales dan karyawan di lapangan dengan solusi Helios Mobility Suite (HMS).
Sebagai produk buatan anak bangsa, Helios Informatika Nusantara dengan tim pre-sales dan post-sales memastikan pelayanan maksimal serta siap membantu selama 24/7 jika Anda mengalami kendala. Tertarik untuk mulai mengotomatiskan sistem sales bisnis distribusi dan FMCG Anda? Hubungi kami dengan meng-klik link berikut.
Penulis: Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group